Tips memilih tema wordpress, 5 poin penting wajib diperhatikan

tips memilih tema wordpress

“5 Tips memilih tema WordPress”

WordPress merupakan CMS / Content Management System  yang membantu pengguna membuat website secara instan, dengan menggunakan CMS seseorang tidak perlu benar-benar memulai dari nol.

Salah satu fitur instan membuat website dari CMS adalah disediakannya tema website / website theme. Tema ini berfungsi sebagai frontend website, yaitu sebagai fungsi antarmuka interaksi antara pengguna dengan seluruh konten website yang ditampilkan dilayar device pengguna

Selain berperan sebagai fungsional frontend, tema adalah sebuah “kemasan” website dimana desain website membedakan tampilan website yang satu dengan website lainnya

Jadi jika anda hendak membuat website menggunakan CMS seperti wordpress, anda bisa menyimak 5 tips dari saya untuk bagaimana memilih tema wordpress yang terbaik bagi anda

1. Desain tema untuk kemudahan dan kenyamanan pengunjung

Desain adalah faktor yang menjadi perhatian sebuah website. Namun menurut saya banyak blogger atau admin web tidak mau ambil pusing untuk lama-lama memilih tema dan mengatur bagaimana tampilan blog untuk pengunjungnya. Memang suatu keniscayaan bahwa pengunjung kebanyakan tidak peduli tampilan blog tapi lebih peduli dengan isi konten atau artikelnya.

Yupz… itu benar ! tapi perlu anda tahu bahwa desain adalah mengenai tampilan. Tampilan blog sama saja dengan kemasan produk, dalam ilmu marketing kemasan produk adalah “sarana pemikat hati” terutama kaitannya dengan first impression (kesan pertama) pengunjung.

Pengunjung bisa membedakan mana tampilan blog yang amburadul mana yang rapi, mana tampilan blog yang nyaman dilihat mana yang bikin “sakit mata”, mungkin artikel yang ada sebenarnya sangat berguna dan informatif bagi pengunjung, tapi bila first impression berkesan jelek terutama bagi pengunjung baru maka pengunjung tidak betah berlama-lama diblog anda, boro-boro baca artikelnya sampai selesai.

Tentunya anda sebagai penulis konten web atau blogger tidak ingin kan… Capek mikir, mencurahkan waktu dan tenaga untuk membuat artikel berkualitas demi menghadirkan sebuah solusi bagi pengunjungnya.. tapi artikel tersebut bisa menjadi tak berguna karena sebuah kesalahan kemasan.

” Pilihlah tema yang mudah di kostumisasi desain atau tampilannya, mulai dari warna, ukuran dan tata letak, ukuran dan jenis huruf dsb. Sehingga anda mudah mengatur tema dengan komposisi yang sekiranya membuat pengunjung mudah dan nyaman mengkonsumsi konten anda “

2. Fungsionalitas sesuai kebutuhan atau tujuan pembuatan

Selain desain atau tampilan, tema harus memiliki fungsionalitas yang memudahkan pengunjung mengkonsumsi konten. Fungsionalitas tema yang paling dasar yang perlu dicermati untuk kemudahan pengunjung ialah fungsi navigasi, pencarian dan arsip.

Tentu masalah fungsionalitas sangat  bergantung tujuan website, biasanya di deskripsi tema disebutkan untuk apa kesesuaian tema dibuat ? biasanya sih lengkap dengan deskripsi fungsionalitas yang diberikan tema tersebut. fungsionalitas sangat erat dengan tipe tema wordpress tsb, jika tema adalah untuk website ecommerce, maka fungsi-fungsi yang harus ada adalah yang menunjang kebutuhan website ecommerce misalnya harus fungsi-fungsi tema yang kompatible dengan plugin e-ccommerce.

(Baca juga : Kelebihan dan kekurangan toko online self hosted dibanding toko online marketplace)

Karena wordpress merupakan CMS Open source, anda juga sebenarnya bisa juga merombak atau mengembangkan fungsionalitas tema sehingga sesuai kebutuhan pembuatan website anda

Kalau memang anda mau sampai tahap lanjut, sampai merubah fungsionalitas tema, dengan menggunakan CMS, anda gak perlu sampai mahir seperti pembuat tema, cukup pelajari yang perlu saja, yang penting anda mengerti bagaimana cara untuk menggunakannya pada pengembangan tema anda. Banyak ahli bahasa pemograman website di luar sana memberikan tutorial praktis sehingga mungkin anda bahkan hanya copy paste codenya saja saja untuk menggunakannya di tema website anda.

” Namun saran saya jika anda pemula lebih baik jangan merubah coding yang pada tema, lebih baik pilihlah tema yang memiliki banyak fungsionalitas atau biasa disebut ‘multipurpose theme’

3. Kompatabilitas tema terhadap plugin

Jumlah tema instan wordpress yang gratis ataupun yang premium berjumlah sangat banyak dan semuanya memiliki keunggulan masing-masing. banyaknya pilihan bisa membuat anda bingung dan kurang tepat memilih. saya pribadi bahkan dulu ketika belum banyak paham mengenai tema, ketika menjumpai banyak tema gratis yang menarik bagi saya, saya mendownload semuanya terus malah ngehabisin waktu untuk trial error bongkar pasang  wkwkwk.

Memilih tema akan lebih mudah, jika anda mengetahui apa tujuan penggunaan tema, apakah hanya untuk blogging, sekedar posting artikel, atau yang lebih kompleks seperti blogging review, web forum atau mungkin blogging plus e-commerce.

So… jika hanya blogging biasa, saya rasa anda gak perlu ambil pusing, yang tinggal dipikirkan adalah terkait tampilan saja, namun jika anda ingin buat blog wordpress yang lebih kompleks, misalnya dengan tambahan sistem e-commerce, maka anda juga harus memikirkan kompatibilitas tema terhadap plugin e-commerce, agar nantinya anda tidak perlu ribet lagi berurusan dengan bahasa pemograman website untuk merombak tema tersebut supaya memiliki fungsi ecommerce.

“jika di deskripsi tema tidak disebutkan kompatabilitas terhadap plugin tertentu, lebih tanyakan pada developernya. tema yang tidak kompatible dengan plugin tertentu bisa mengakibatkan website error dan tidak bisa diakses sama sekali”

4. Struktur tema yang mobile friendly dan SEO friendly 

Struktur tema yang mobile friendly adalah kemampuan struktur tema menyesuaikan tampilan khusus untuk layar mobile device. Tampilan tema mobile device biasanya akan berbeda dengan versi desktop, dimana tampilan lebih simpel dengan dengan struktur data pemograman tema seperti javascript, php dan css disajikan lebih minimalis dan efisien

Berbicara struktur tema SEO friendly, maksudnya ialah struktur tema yang ramah dengan algoritma mesin pencari. Sampai sekarang mungkin pengembangan algoritma SEO sudah berjumlah ratusan. Algoritma SEO yang biasa dituntut dari tema adalah, struktur bahasa pemograman tema yang valid dan efisien sehingga bisa dipahami dengan cepat oleh mesin pencari, alhasil mesin pencari tidak banyak membutuhkan waktu untuk memproses dan menampilkanya di halama mesin pencari.

Tips dari saya saat memilih tema wordpress, skip saja tema yang tidak mobile friendly atau SEO friendly. Mungkin untuk pemula yang baru belajar mengenai blogging, tidak mengetahui bahwa bukan hanya artikel yang harus SEO friendly. Bahwa semestinya juga harus paham bahwa tidak semua tema wordpress itu SEO friendly.

” Bagi  Saya, dalam persaingan SEO yang ketat, memilih tema wordpress yang mobile friendly dan SEO friendly adalah suatu keharusan”

5. Harga tema dan layanan konsultasi

Khusus untuk tema premium atau  berbayar, maka faktor yang tidak kalah penting untuk diperhatikan sebelum anda “deal” membeli adalah mengenai harga dan layanan konsultasi.

Semakin populer tema biasanya semakin mahal, apalagi tema tersebut telah mendapat nilai yang bagus dari review pembeli, tema yang baru dirilis atau berasal dari “theme developer” yang kurang terkenal biasanya berharga lebih murah namun bukan berarti kualitasnya kalah, jadi pengetahuan anda tentang tips memilih tema wordpress ini bisa membantu anda untuk membeli tema terbaik dengan harga yang sesuai dengan anggaran anda.

Selain harga, layanan konsultasi adalah sangat penting, terutama bagi pemula. Layanan konsultasi biasanya berbentuk paket dengan durasi tertentu, anda harus tahu fitur dan layanan yang ditawarkan, umumnya terkait bantuan konfigurasi dan solusi ketika ada kemungkinan masalah yang muncul saat menggunakan tema.

Sedangkan untuk bantuan instalasi jarang ditawarkan, karena penjual tema menganggap itu hal yang sangat dasar yang bisa anda lakukan.

>> Kesimpulan

“5 Tips memilih tema wordpress yang wajib diperhatikan”

  1. Desain tema yang memberikan kemudahan dan kenyamanan pengunjung untuk mengkonsumsi konten
  2. Fungsionalitas tema sesuai tujuan pembuatan, saran saya bisa pilih tipe multipurpose theme
  3. Tema yang terjamin kompatibel dengan plugin yang hendak anda gunakan, jika tidak ada di deskripsi tanyakan ke developer 
  4. Struktur tema mobile friendly dan SEO friendly 
  5. Harga sesuai anggaran dan terdapat layanan konsultasi atau support forum

Jika anda bertanya pada saya, tema wordpress apa yang saya gunakan?

Jawaban saya, adalah saya menggunakan tema Landingpress.  sebelumnya saya menggunakan tema gratisan, namun ketika saya semakin mengerti tentang website dan wordpress. saya merasa tema gratisan kebanyakan strukturnya tidak SEO friendly sehingga menambah time load website. Jika ada pun, suka ada kekurangan di bagian lain yang masih memiliki kekurangan menurut saya

Waktu itu saya mencari multipurphose theme yang ringan dan simpel, namun juga bisa mendukung banyak kebutuhan. Agak sulit memang, karena multipurphose theme itu biasanya memiliki struktur lebih yang kompleks dibanding tema dengan tujuan khusus. Saya tidak mau tema yang saya pakai membebani kinerja server hosting saya yang levelnya masih pas-pasan.

Saya sudah menggunakan landingpress ini selama bertahun-tahun. Tema landingpress memiliki 5 keunggulan seperti yang saya paparkan diartikel ini. yang suka dari landingpress ini adalah fast load dan mudah di kostumisasi dan digunakan untuk banyak kebutuhan.

Kebanyakan orang yang membeli tema landingpress ini biasanya untuk digunakan menjadi website landing page, karena memang di tema landing press ini disediakan dan optimalkan untuk penggunaan plugin elementor.

Plugin elementor adalah plugin landing page builder pada tema wordpress. Ada versi gratis dan berbayarnya, nah tema landing press memberi tambahan fitur pada penggunaan elementor gratis, sehingga elementor gratis hampir memiliki fitur keunggulan seperti plugin elementor berbayar. jadi ketika menggunakan landingpress tidak perlu keluar uang lagi untuk membeli plugin elementor berbayar

Jika anda tertarik ingin menggunakan tema landingpress seperti yang saya pakai ini, bisa kunjungi halaman penjualannya dengan meng-klik tautan ini >> Saya mau beli tema landingpress

Silahkan cermati lebih dahulu, jika tertarik bisa checkout menggunaka kodekupon : AKURINSAJA untuk diskon 50%

Kalau ada pertanyaan lebih lanjut mengenai tema landinpress ini anda bisa kontak whatsapp saya di bagian menu header

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *